Kurikulum Prodi PIAUD – STIT INSIDA

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum STIT INSIDA memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah, RPS (Rencana Pembelajaran Semester) dan evaluasi.

Kurikulum STIT INSIDA dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan, kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Dengan mengacu visi dan misi, tujuan pendidikan STIT INSIDA yaitu 1) mendidik tenaga ahli yang unggul dalam bidang Pendidikan, 2) memiliki kecerdasan dan keterampilan, jujur, berbudi luhur, percaya pada diri sendiri, berkebangsaan dan cinta tanah air agar menjadi manusia Indonesia yang Islami berjiwa Pancasila, dan 3) menghasilkan lulusan yang bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi maupun masalah yang dihadapi masyarakat.

Khusus program studi PIAUD berorientasi pada Pendidikan yang berkaitan dengan bidang keahliannya, mendidik tenaga terampil yang unggul di bidang Pendidikan anak usia dini yang memiliki jiwa disiplin, menguasai pengetahuan dan keahliannya sehingga setelah menyelesaikan studinya mereka menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional serta dapat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan anak usia dini.